Pentingnya sarana pendidikan

Salah satu aspek yang seharusnya mendapat perhatian utama oleh setiap pengelola pendidikan adalah mengenai fasilitas pendidikan. Sarana pendidikan umumnya mencakup semua fasilitas yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, seperti: Gedung, ruangan belajar atau kelas, alat-alat atau media pendidikan, meja, kursi, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan fasilitas/prasarana adalah yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti: halaman, kebun atau taman sekolah, maupun jalan menuju ke sekolah.



Fasilitas pendidikan pada dasarnya dapat dikelompokkan dalam empat kelompok yaitu tanah, bangunan, perlengkapan, dan perabot sekolah (site, building, equipment, and furniture). Agar semua fasilitas tersebut memberikan kontribusi yang berarti pada jalannya proses pendidikan, hendaknya dikelola dengan baik. Manajemen yang dimaksud meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pengadaan, (3) Inventarisasi, (4) Penyimpanan, (5) Penataan, (6) Penggunaan, (7) Pemeliharaan, dan (8) Penghapusan.
Jadi, secara umum sarana dan prasarana adalah alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan di dalam pelayanan publik, karena apabila kedua hal ini tidak tersedia maka semua kegiatan yang dilakukan tidak akan dapat mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana.
Terima kasih kepada Bupati Bengkalis, bunda PAUD Kabupaten Bengkalis yang telah meresmikan gedung PAUD Al Hidayah Desa Batang Duku, terimakasih juga kepada pengelola, pengasuh, komite, wali murid, RT RW, BPD, Kelembagaan dan masyarakat Desa Batang Duku..


Semoga dengan bangunan baru ini menumbuhkan semangat baru bagi pendidik dan siswanya, sehingga tidak menutup kemungkinan melahirkan generasi yang cemerlang seperti UAS,...
Dan semoga Allah kabulkan niat kita untuk pembangunan selanjutnya sekolah TK..

Oleh_Kepala Desa Batang Duku
Diberdayakan oleh Blogger.