SUBSIDI RASKIN DISALURKAN UNTUK 4 BULAN

BENGKALIS - Subsidi dana beras miskin (raskin) untuk empat bulan terhitung Januari hingga April sudah disalurkan. Hal itu dilakukan agar kelancaran pendistribusian raskin ke desa-desa tidak terkendala dan bisa segera dimanfaatkan oleh rumah tangga miskin (RTM) penerima raskin.

"Memang seharusnya dana subsidi raskin ini disalurkan setiap bulan. Namun karena APBD baru bisa digunakan April, makanya penyaluran raskin sedikit terhambat. Insyaallah pada bulan-bulan berikutnya bisa kita salurkan setiap bulan,"ujar Kabag Ekonomi Setdakab, Indra Gunawan kepada sejumlah wartawan, Kamis (28/5/11).

Subsidi dana raskin tersebut ujar Indra, merupakan bagian dari Program Pemkab Bengkalis dalam upaya menggratiskan raskin kepada RTM penerima raskin. Mereka tidak lagi dibebankan biaya pembelian raskin maupun biaya operasional untuk penyaluran raskin. “Pokoknya sampai masyarakat tis..tis..tis..,"ujar Indra seraya menambahkan, beras yang diterima RTM sebanyak Rp.15 kg/bulan.

Penyaluran raskin tahap pertama ini sebagaimana dikatakan Indra, sudah disalurkan ke kecamatan Mandau, Bengkalis dan Bantan untuk seterusnya oleh pihak kecamatan didistribusikan ke desa-desa.

Dikatakan, total penerima raskin di Kabupaten Bengkalis ada 22.399 RTM. Mereka ini disamping menerima raskin dari program nasional, juga akan menerima raskin yang diprogramkan oleh Pemkab Bengkalis untuk 2 bulan, yang rencananya akan disalurkan saat memasuki bulan puasa dan lebaran nanti.

"Program raskin yang dua bulan ini murni didanai APBD. Jadi RTM yang tercatat sebagai penerima raskin sebanyak 22.399 KK tersebut akan menerima raskin double selama 2 bulan yang rencananya kita salurkan mendekati bulan puasa dan lebaran, dimana kebutuhan akan beras pada saat itu meningkat,"katanya.

Menyinggung kendala dalam pendistribusian raskin ini, disamping faktor cuaca,sebut Indra juga terkait penyampaian SPJ dari desa-desa, yang terkadang ada desa yang cepat menyampaikan SPJ, namun ada yang lambat, sehingga berdampak pada pendistribusian raskin bulan berikutnya.

Mengingat tak ada dipungut biaya apapun dalam penyaluran raskin, Indra menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan, jika ditemui ada pihak-pihak yang memungut biaya kepada masyarakat penerima raskin

1 komentar:

Terima Kasih anda telah berkunjung di PAKNING BERTUAH.