BETOBO

batobo diladang
Batobo adalah Sebutan untuk gotong royong.yang biasa diilakukan oleh suku ocu (Bangkinang).batobo dilakukan untuk meringankan pekerjaan pertanian seseorang, dengan demikian akan lebih cepat selesai dan lebih mudah. Batobo di dirikan dalam sebuah kelompok, yang mempunyai seorang ketua untuk mengatur jadwal kerja setiap anggota. Kebanyakan kelompok batobo melakukan kegiatan secara bergiliran untuk setiap anggota kelompok batobo, misalnya hari ini Si A mendapat giliran, maka kelompok harus mengerjakan sawah atau ladang si A pada hari ini. dan besok adalah giliran Si B. Maka kelompok batobo harus mengerjakan pekerjaan sawah atau ladang si B. Jika pada saat gilirannya seorang Anggota kelompok Batobo bebas untuk menentukan pekerjaan apa yang harus dilakukan kelompoknya, asalkan masih dalam kesanggupan anggota-anggotanya, selain itu boleh juga seorang anggota pada saat gilirannya, dia menjual tenaga anggotanya kepada siapa saja yang membutuhkan.
Namun dia mendapatkan upah sebanyak anggota yang bekerja, dari orang yang membeli tenaga kelompok tersebut. Uniknya untuk menyemangati dalam bekerja, kelompok Batobo sering mengadakan acara Mangonji

Tidak hanya itu, Batobo juga sering di iringi dengan rarak godang. Rarak godang ini adalah semacam permainan alat musik tradisional, seperti Talempong, Gong, Gendang, dll. yang melantunkan instrumen-instrumen lagu-lagu daerah yang sudah sejak lama di kenal di masyarakat. Dan diwaktu pesta Pernikahan, atau acara-acara besar , dan acara-acara adat. selalu di meriah kan dengan rarak godang ini.
(Masakan sejenis Bubur yang terbuat dari tepung, dan santan kelapa. Dimasak dalam kuali yang besar, kemudian diadakan doa bersama) .Pada malam hari setelah pekerjaan dilakukan pada siang hari. Biasanya Kelompok batobo mengadakan ini pada saat musim menuai tiba.
Share on Google Plus

About pakning bertuah

Blognya anak pakning.

0 Comments:

Posting Komentar

Terima Kasih anda telah berkunjung di PAKNING BERTUAH.